27 Mei 2011

Shogun 110, jagoan yang tidak pudar oleh jaman

Sedikit pengetahuan dari blog ane
Kita tentu mengenal Suzuki Shogun 110. Motor ini termasuk jagoan ngebut pada masanya. Karena menganut kapasitas silinder yang cukup besar di masanya, 110 cc. Motor ini adalah motor bebek Suzuki yang pertama di Indonesia, yang memakai sistem 4 tak.
Untuk urusan akselerasi, motor ini cukup baik. Top speed diklaim mencapai 120 kpj pada saat masih baru. Oleh karena itu, Shogun 110 masih terhitung cukup kuat untuk digunakan dewasa ini, meskipun produksinya sudah lama dihentikan. Motor ini, terutama generasi awalnya, Shogun "kebo", cukup digemari karena kualitas dan ketahanannya, juga karena akselerasi dan top speednya.
Sayangnya, model Suzuki Shogun 110 (FD110) yang di downgrade menjadi Suzuki Smash (FD110X), tidak bisa sukses di pasaran, antara lain karena kualitasnya yang dianggap tidak bisa menyamai Shogun 110. Entah karena terlalu ringan dan juga karena sering miss shift (penulis sering mengalami ini karena penulis sendiri memiliki sebuah FD110X).
Shogun 125 juga tidak bisa sukses di pasaran entah karena kalah nama dari Honda Supra X 125, atau karena kualitasnya yang menurun (dianggap menurun) dari FD110. Karena Shogun 125 generasi awal yang berkode FD125X pada dasarnya merupakan bore up dari FD110X aka Smash, sehingga kelemahannya pun dianggap sebelas duabelas.
Pada akhirnya, terbukti bahwa Shogun 110, entah  yang kebo ataupun New, merupakan motor bebek 4 tak Suzuki yang paling sukses dan sampai saat ini tak ada produk motor bebek 4 tak Suzuki yang menyamai angka penjualan Shogun110 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar